Cara membuat akun bisnis WhatsApp (WA) dibutuhkan bagi para seller alias penjual atau pebisnis. Tampilan dari akun bisnis dari WA ini sebenarnya hampir sama saja dengan tampilan akun WA biasa atau regular.

Bedanya ada tambahan beberapa fitur yang memungkinkan para pelaku bisnis bisa lebih efektif berkomunikasi dengan pelanggan atau kustomer mereka.

Akun WA versi bisnis ini sendiri sebenarnya sudah lama diluncurkan sejak tahun 2017. Jika kamu mau tahu cara buat akunnya maka simak langkah di bawah ini.

Cara membuat akun bisnis WhatsApp terbaru lewat hp

1. Pertama-tama silahkan install aplikasi WhatsApp Business di Play Store (khusus pengguna Adroid) atau App Store (khusus pengguna Apple).

2. Setelah diinstall maka buka aplikasi tersebut dan kamu akan dibawa ke halaman ‘Terms of Service and Privacy Policy’. Silahkan klik ‘Agree and Continue’.

3. Ketika muncul jendela pop-up maka klik ‘Continue’ dan klik ‘Allow’ beberapa kali.

4. Pada halaman registrasi maka kamu perlu mendaftar memakai nomer hp yang masih aktif. Akan lebih ideal memakai nomer hp yang memang dikhususkan untuk bisnis dibandingkan nomer pribadi.

5. Tunggu pesan SMS berupa kode verifikasi dari WhatsApp dikirimkan ke nomer kamu. Biasanya sistem akan otomatis mengenali kode verifikasi tersebut saat dikirimkan. Jika tidak maka buka pesan SMS tersebut secara manual dan masukkan kode verifikasinya. Klik ‘OK’ untuk memverifikasi jika nomer hp yang dimasukkan sudah benar atau ‘Edit’ jika ingin mengganti nomer hp yang digunakan.

6. Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman ‘Your Business Info’. Di sini kamu harus mengisi nama bisnis dengan benar. Jika sudah selesai maka akun WA bisnis sudah bisa digunakan.

Beberapa pengaturan/ setting pada akun Bisnis WhatsApp

Setelah selesai melakukan langkah membuat akun WA untuk bisnis di atas, maka sekarang kamu juga perlu tahu cara menggunakan WhatsApp business ini.

Kamu dapat melakukan beberapa pengaturan seperti mengubah profil bisnis, caranya seperti berikut ini:

1. Silahkan menuju ke pengaturan atau ‘Setting’ dengan mengklik opsi di pojok kanan atas.

2. Di sana akan ada beberapa macam pilihan untuk mengatur profil bisnis di akun WA kamu sehingga kamu dapat melengkapi data atau info tentang bisnismu. Misalnya seperti lokasi kantor, kategori bisnis, jam kerja, foto, deskripsi bisnis, situs website bisnis, alamat dan alamat email bisnis. Kamu bisa isi semua data tersebut dan jika sudah cukup klik tombol ‘Save’.

3. Pada bagian pengaturan tersebut, pengguna juga dapat melihat statistik pesan. Statistik ini berupa informasi tentang berapa banyak pesan chat yang kamu terima dan kirimkan kepada para pelanggan.

4. Pada menu ini juga tersedia opsi untuk membuat ‘Away Message’. Ini merupakan fitur untuk memberikan jawaban otomatis ketika toko atau jam kerja sudah tutup kepada pelanggan. Kamu bisa merangkai kata-katamu sendiri dengan menggunakan fitur ini.

5. Terdapat pula fitur ‘Greeting Message’ yang bisa diatur. Pesan pada fitur ini akan terkirim secara otomatis ke pelanggan yang menghubungi bisnismu.

6. Terakhir terdapat fitur sangat berguna untuk komunikasi dengan pelanggan yaitu fitur ‘Quick Replies’ yaitu jawaban cepat yang dipicu dengan kata kunci tertentu. Dengan pengaturan ini maka kamu bisa chat lebih cepat karena tidak harus mengetik satu atau dua kalimat yang sudah sering digunakan ketika berbicara dengan pelanggan.

Demikian informasi mengenai cara membuat akun bisnis WhatsApp. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!