Cara screenshot iPhone 5
Tips & Trick

Cara screenshot iPhone 5

Cara screenshot iPhone 5 mungkin belum diketahui bagi sebagian orang. Screenshot merupakan tindakan mengambil gambar pada sebuah layar smartphone yang sedang aktif. Dengan menggunakan fitur screenshot ini, Anda dapat menagkap layar Anda yang dirasa penting untuk disimpan.

Meskipun sangat sederhana, namun fitur ini menjadi penting keberadaannya. Dengan menggunakan screenshoot, kita dapat meng-capture hal penting yang ada di layar gadget. Seperti misalnya meng-capture aplikasi, halaman web, percakapan penting, atau yang lainnya.

Masing-masing smartphone memiliki memiliki fitur untuk screenshot layar. Termasuk salah satunya adalah iPhone 5. Cara screenshot iPhone 5 pun belum tentu sama dengan smartphone merek lainnya.

Nah.. di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa screenshot iPhone 5 yang dapat Anda gunakan.

Cara Screenshot iPhone 5

Bagi Anda yang memakai iPhone 5, dan belum mengetahui bagaimana cara screenshot yang benar, kami akan menjelaskan beberapa cara yang bisa Anda gunakan. Adapun beberapa cara screenshot iPhone 5 yang benar antara lain sebagai berikut:

1. Cara screenshot dengan menggunakan kombinasi tombol
Cara ini sangat mudah Anda lakukan. Pertama, buka halaman yang ingin dicreenshot. Kemudian tekan tombol power yang berada di atas dan tombol secara bersamaan. Anda dapat melihat hasil screenshot di Photos App/Albums/Camera Roll.

Pada saat melakukan screenshot, Anda harus menekan tombol power dan home secara bersamaan. Hal ini bertujuan supaya todak muncul fungsi SIRI pada iPhone Anda. Nah.. apabila tombol power Anda rusak, Anda dapat menggunakan cara lain seperti di bawah ini.

2. Screenshot dengan menggunakan AssistiveTouch
Cara ini dapat digunakan apabila tombol power iPhone Anda rusak. Adapun langkah-langkahnya adalah yang pertama, Anda harus masuk pada menu setting.

Kemudian pilih General lalu pilih Accessibility kemudian pilih Assistive Touch. Lalu Anda bisa mneyalakan fiturnya.

Setelah melakukan tahapan di atas, secara otomatis muncul kotak dengan lingkaran berwarna abu-abu pada layar iPhone Anda, yang disebut dengan Assistive Touch.

Untuk melakukan screenshot, buka layar pada halaman yang akan di screenshot. Kemudian sentuh Assistive Touch, pilih Device, More, lalu pilih Screenshot. Maka halaman yang Anda screenshot telah otomatis tersimpan.

3. Memakai aplikasi pihak ketiga
Cara lain yang dapat diguankan untuk menagkap layar di iPhone 5 adalah dengan menggunakan aplikasi yang dapat Anda download melalui Play Store. Anda pun bisa memilih aplikasi yang gratis maupun berbayar.

Salah satu aplikasi yang dapat Anda download untuk iPhone 5 Anda adalah aplikasi OneShot. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat memilih bagian yang dirasa lebih penting untuk dibuat menonjol. Bahkan Anda bisa mengedit tema latar belakang dan selanjutnya menambhakan beberap atautan pada hasil screenshot Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Stitch It yang dapat Anda unduh dari App Store. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menggabungkan dua tangkapan layar sehingga berbentuk memanjang dan dapat tersimpan dalam satu gambar.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menaruh bagian yang tepat antara kedua gambar kemudian tekan Stitch.

Berbagai cara tersebut dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi iPhone 5 Anda. Demikian penjelasan singkat mengenai cara screenshot iPhone 5 yang dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi.

BACA JUGA: Cara screenshot Samsung J5

Semoga artikel ini dapat menjadi sumber informasi dan dapat membantu Anda pengguna iPhone 5 yang belum mengetahui cara screenshot layar.