Cara screenshot Samsung J5
Tips & Trick

Cara screenshot Samsung J5

Cara screenshot Samsung J5 tidak jauh berbeda dengan cara screenshot di gadget lainnya. Sebagai pengantar, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu screenshot.

Beberapa dari Anda mungkin sudah paham karena sering menggunakan fitur ini untuk memudahkan mengambil gambar yang diinginkan atau untuk ditunjukkan pada rekan tertentu.

Screenshot atau yang juga dikenal dengan nama screen capture merupakan fitur yang memiliki fungsi untuk mengambil gambar pada layar smartphone yang Anda miliki.

Salah satu smartphone yang memiliki fitur ini adalah Samsung J5. Bahkan, untuk melakukan screenshot hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja dan sangat mudah.

Spesifikasi Samsung J5 ini tidak jauh berbeda dengan keluaran terdahulunya pada seri J, yakni Samsung J1. Maka dari itu, cara screenshot pada tipe smartphone ini kurang lebih sama dengan cara screenshot pada Samsung J1.

Bila ingin melakukan sedikit usaha, Anda bisa mengunduh aplikasi tambahan screenshot yang dapat ditemukan di Google Play Store.

Namun, perlu dipastikan terlebih dahulu bila Anda akan mengunduh aplikasi tambahan tersebut, pilih yang tidak perlu melakukan rooting karena justru akan merepotkan Anda nantinya.

Jadi, langsung saja kita beralih pada pembahasan cara melakukan screenshot mudah pada smartphone Samsung J5 berikut ini.

Langkah Mudah Screenshot di Samsung J5

Penjelasan di bawah ini merupakan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dengan mudah sebagai informasi dari cara screenshot Samsung J5.

Sebelumnya, prosedur ini hanya berlaku untuk screenshot manual atau yang tidak membutuhkan aplikasi screenshot tambahan karena screenshot yang dilakukan secara manual jauh lebih mudah untuk dilakukan.

1. Pertama, Anda tentu harus menyalakan smartphone Samsung J5 yang Anda miliki agar dapat menentukan layar mana yang akan Anda ambil gambarnya. Sebelum melakukan screenshot, pastikan tidak ada notifikasi yang mengganggu dan layar yang diambil sudah tepat agar Anda hanya melakukan screenshot sekali saja.

2. Tekan tombol power dan juga tombol home secara bersamaan. Apabila Anda sudah melakukan hal yang benar, akan terdengar bunyi ‘ckrek’ (bunyi yang sama apabila Anda mengambil gambar menggunakan kamera) atau pada layar Anda seperti menggambarkan kilatan yang menandakan bahwa layar tersebut sudah berhasil Anda ambil gambarnya.

Sedikit tips, ketika harus menekan tombol power dan home secara bersamaan, Anda dapat meletakkan ibu jari di tombol home serta jari telunjuk pada tombol power agar proses screenshot dapat dilakukan dengan mudah meskipun harus menekan dua tombol sekaligus.

3. Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa screenshot telah berhasil dilakukan dan Anda dapat memeriksa hasil gambarnya dengan langsung melihat pada galeri foto di Samsung J5 yang Anda miliki.

4. Bila hasil screenshot dirasa belum tepat atau belum cukup, Anda bisa mengulanginya dengan cara yang sama. Hal ini juga berlaku apabila Anda ingin mengambil gambar tertentu yang tidak dapat atau sulit untuk diunduh. Cukup lakukan screenshot dan crop pada gambar yang bersangkutan untuk mendapatkan hasil yang sama dengan unduhan.

Apabila Anda sudah mengunduh aplikasi screenshot di Google Play Store, Anda tinggal menekan pilihan screenshot yang tersedia pada menu tanpa harus menekan dua tombol sekaligus seperti yang dicontohkan untuk screenshot manual.

Cara ini juga lazim dilakukan pada smartphone lain, meski bukan dari brand Samsung. Demikian cara screenshot Samsung J5 yang mudah untuk Anda lakukan.